Laman

Senin, 22 Desember 2014

Jagalah Waktu Mudamu Sebelum Datang Waktu Tuamu

  • Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al-Ashr: 1 – 3) 
  • Takkan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang empat perkara, yaitu umurnya dihabiskan untuk apa, hartanya diperoleh dari mana dan untuk apa dibelanjakan, serta apa yang sudah diperbuat dengan ilmunya (HR. Tirmidzi)
  • Tujuh golongan manusia yang akan berada di bawah naungan Allah SWT pada masa tidak ada naungan, kecuali naungan-Nya, yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada-Nya, laki-laki yang hatinya terpaut di masjid, dua orang yang saling mencintai karena-Nya; berjumpa dan berpisah karena-Nya, seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang perempuan yang terpandang dan cantik kemudian ia bekata, “Sunguh aku takut kepada-Nya”, orang yang bersedekah dengan suatu sedekah lalu ia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui sesuatu yang diinfakan oleh tangan kanannya, serta orang yang mengingatnya saat sendirian kemudian air matanya mengalir (HR. Bukhari dan Muslim)
  • ... Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk (QS. Al-Kahfi: 13) 
  • Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (QS. Al-Israa’: 23) 
  • Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS. Al-Israa’: 24) 
  • Kedua orang tua itu adalah pintu surga yang paling tengah.  Jika kalian mau memasukinya, maka jagalah orang tua kalian.  Jika kalian enggan memasukinya, silahkan sia-siakan orang tua kalian (HR. Tirmidzi) 
  • Semua dosa akan ditangguhkan oleh Allah SWT sampai hari kiamat, kecuali durhaka terhadap orang tua.  Maka sesungguhnya Allah SWT akan menyegerakan kepada pelakunya di dunia sebelum meninggal dunia (HR. Hakim) 
  • Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa (QS. Al-Israa’: 83) 
  • Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman.  Dan tidaklah kalian beriman sampai kalian saling mencintai.  Maukah kutunjukan kepada kalaian tentang sesuatu yang apabila kalian amalkan, maka akan membuat kalian menjadi saling mencintai ? Yaitu, sebarkan salam diantara kalian (HR. Muslim)
  • Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara, yakni waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang kematianmu (HR. Ibnu Abbas) 

0 komentar:

Posting Komentar