Laman

Minggu, 16 November 2014

BSE IPA Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013


Buku Mata  Pelajaran  IPA  ini  disusun  untuk membantu  siswa  dalam mempelajari dan memahami konsep IPA sesuai kompetensi dasar yang diharapkan dalam kurikulum 2013.  Buku  ini  terdiri  dari  9  Bab  yang  disusun  secara  runtut  mengikuti  struktur kompetensi  dasar  dan  dibagi  dalam  4  tema  besar  yaitu: Materi  (Bab  1,  2,  dan  3), Sistem  (Bab 4) Perubahan (Bab 5, 6, 7, dan 8) dan Interaksi (Bab 9). Pembagian tema ini  dimaksudkan  agar  siswa  dapat  dengan  mudah  memahami  dan  mengaitkan konsep-konsep  yang  terdapat pada masing-masing bab.

Pembahasan  pada  setiap  babnya  dalam  buku  ini,  selalu  diawali  dengan  proses  dan aktivitas yang harus dikerjakan siswa (IPA sebagai inkuiri) baik dalam bentuk pertanyaan kasus,  kegiatan  pengamatan,  atau  percobaan  sederhana.  Hal  ini  diharapkan  dapat memupuk keingintahuan siswa tentang topik yang akan dibahas. Kemudian, pembahasan dilanjutkan  dengan  penjelasan  singkat  topik  tersebut  yang  disertai  ilustrasi  dan penerapannya  dalam  kehidupan  serta  review  dan  berpikir  kritis.  Dengan model  pengorganisasian seperti ini, diharapkan siswa  mendapatkan kemudahan untuk melatih kompetensinya terkait dengan mata pelajaran IPA.


Menjelang akhir bab diberikan renungan untuk penguatan kecerdasan emosional dan afektif serta menyadari hakikat diri sebagai makhluk  Tuhan. Akhir bab berupa pertanyaan dan tugas, mulai dari sekedar mengingat konsep, kemudian penerapan konsep, berpikir tingkat  tinggi, dan  tugas proyek. Dengan  cara  ini, diharapkan pada diri peserta didik tumbuh kompetensi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan yang diharapkan dalam pembelajaran IPA.

0 komentar:

Posting Komentar