Buku Mata Pelajaran
IPA ini disusun
untuk membantu siswa dalam mempelajari dan memahami konsep IPA
sesuai kompetensi dasar yang diharapkan dalam kurikulum 2013. Buku
ini terdiri dari 9 Bab
yang disusun secara
runtut mengikuti struktur kompetensi dasar
dan dibagi dalam
4 tema besar
yaitu: Materi (Bab 1,
2, dan 3), Sistem
(Bab 4) Perubahan (Bab 5, 6, 7, dan 8) dan Interaksi (Bab 9). Pembagian
tema ini dimaksudkan agar
siswa dapat dengan
mudah memahami dan
mengaitkan konsep-konsep
yang terdapat pada masing-masing
bab.
Pembahasan pada
setiap babnya dalam
buku ini, selalu
diawali dengan proses
dan aktivitas yang harus dikerjakan siswa (IPA sebagai inkuiri) baik
dalam bentuk pertanyaan kasus,
kegiatan pengamatan, atau
percobaan sederhana. Hal
ini diharapkan dapat memupuk keingintahuan siswa tentang
topik yang akan dibahas. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan
penjelasan singkat topik
tersebut yang disertai
ilustrasi dan penerapannya dalam
kehidupan serta review
dan berpikir kritis.
Dengan model pengorganisasian
seperti ini, diharapkan siswa
mendapatkan kemudahan untuk melatih kompetensinya terkait dengan mata
pelajaran IPA.
Menjelang akhir bab diberikan
renungan untuk penguatan kecerdasan emosional dan afektif serta menyadari
hakikat diri sebagai makhluk Tuhan.
Akhir bab berupa pertanyaan dan tugas, mulai dari sekedar mengingat konsep,
kemudian penerapan konsep, berpikir tingkat
tinggi, dan tugas proyek.
Dengan cara ini, diharapkan pada diri peserta didik tumbuh
kompetensi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan yang diharapkan
dalam pembelajaran IPA.
0 komentar:
Posting Komentar