Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.
Sebagai transisi menuju ke
pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa
SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta
Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata
pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan
wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang
mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Buku IPA Kelas VIII SMP/MTs ini
disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan
(platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai
objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek
alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui
pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam,
pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang
dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu
yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman
peserta didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana
dilakukan melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science
Study) dan PISA (Program for International Student Assessment). Melalui
penilaian internasional seperti ini kita bisa mengetahui kualitas pembelajaran
IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah
disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum
2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh,
sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan
sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya
secara konkret dan abstrak, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri
anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggungjawab.
Buku ini menjabarkan usaha
minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan
untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di
sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya
serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat
memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan
relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
0 komentar:
Posting Komentar