Laman

Minggu, 09 November 2014

Kenapa Harus Sekolah ?

Semua orang ingin sukses.  Termasuk kalian, ia kan? Permasalahannya, sukses itu tidak bisa diperoleh dengan instant, dimana sekarang kalian ingin sukses, sebentar sukses ditangan. Sukses adalah rangkaian proses panjang dari pilihan yang kalian pilih. Maka tidak berlebihan jika orang bijak bilang, “Sukses itu pilihan.” Itu artinya pilihan saat ini menentukan sukses atau gagalnya kalian di masa yang akan datang. Jika ngomong-ngomong tentang sukses tentu tidak bisa lepas dari yang namanya sekolah. Tapi, permasalahannya apakah sekolah menjamin sukses bagi kalian ? Jawabnya adalah “tidak”. Sekolah sama sekali tidak menjamin kalian sukses.
Tapi, kenapa kalian perlu sekolah ? Jawaban yang pertama adalah karena sekolah itu adalah salah satu menuntut ilmu, menuntut ilmu itu ibadah. Jawaban pertama ini menjadi sangat mantap karena memang dalam  menunutut ilmu itu hukumnya wajib. Jawaban kedua adalah karena dengan sekolah maka kalian bisa meningkatkan kompetensinya.  Diharapakan ketika kompetensi kalian sudah baik, maka kalian akan dapat menyelesaiakan permasalahan yang dihadapinya kelak, termasuk upaya menuju sukses. Jawaban yang ketiga adalah bahwa ibarat orang yang mau berburu kehutan.  Orang yang sekolah itu mempunyai banyak peluru, yang tentunya semakin tinggi tingkatannya maka semakin tinggi pula peluru yang ia punya.  Sedangkan orang yang tidak sekolah itu hanya mempunyai satu peluru. Ini artinya bahwa orang yang bersekolah dan tidak bersekolah itu sesungguhnya sama-sama mempunyai peluang untuk sukses.  Orang yang tidak bersekolahpun bisa sukses, manakala ketika menembakan senapannya ia langsung dapat gajah. Dia sukses, karena dia mendapat satu gajah.  Demikian sebaliknya orang yang sekolah bisa jadi tidak sukses karena setiap kali membidik hewan buruannya ia selalu meleset.  Kalaupun dapet buruan ia hanya hewan-hean kecil seperti tupai, kadal dan sejenisnya. orang seperti ini menggambarkan bahwa ia sekolah, tapi ia gagal.  Tapi coba bayangkan jika orang yang sekolah ini bisa selalu tepat membidik mangsanya ia bisa mendapatkan puluhan gajah, singa, hariamau dan hewan besar lainnya.  Ia menjadi orang yang sangat sukses. ini artinya bahwa walaupun sekolah tidak menajmin sukses, tapi dengan kalian sekolah kalian mempunyai peluang lebih sukses dari pada mereka yang tidak sekolah.
Jika kalian memutuskan pilihan pada belajar di sekolah.  Pilihan kalian tepat. Selamat, semoga sukses. Sekolah adalah ibadah, sekolah adalah meningkatkan kemampuan, dan sekolah adalah pelung besar menuju sukses.

0 komentar:

Posting Komentar