Laman

Minggu, 09 November 2014

Pekerjaan Rumah

Pekerjaan Rumah atau biasa yang kita singkat dengan PR meruapakan satu tugas untuk dikerjakan di rumah. Bapak ibu guru memberikan PR itu biasa, ironisnya tidak semua siswa menerima PR ini untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran.  Tetapi sebaliknya, bahwa sebagian dari mereka ada yang menganggap sebagai beban yang sangat membereatkan. Sehingga tidak mengehrankan jika sebagian dari mereka menganggap bahwa PR adalah kepanjangan dari “Pekerjaan Ra nang omah” (bahasa jawa: Pekerjaan Tidak Di Rumah).  Di depan guru bisa saja dia sudah bisa menunjukan bahwa mereka sudah mengerjakan PR itu tapi dia mengerjakannya dengan jalan pintas, contohnya dengan hanya mencontoh temannya yang sudah mengerjakan. Bagi anak-anak seperti ini tentu mereka aman terhadap gurunya atau bahkan bisa dinilai baik sama dengan teman-teman yang mengerjakan PR di rumah, tetapi sesungguhnya dia sudah sangat merugi karena dia tidak bisa mendapatkan manfaat PR itu sendiri.
            Tahukah kalian apa manfaat yang dapat kalian peroleh jika kalian mengerjakan PR di rumah ? Kalian harustahu bahwa dengan mengerjakan PR di rumah dengan baik maka kalian bukan hanya belajar pada materi pelajaran semata tetapi anda juga dilatih untuk belajar mengatur manajemen waktu sehingga walaupun kalian punya banyak kegiatan setelah pulang sekolah kalian tetap bisa menyelesaikan PR itu. Menegrjakan PR juga berarti kalian diberi kesempatan agar kalian memabca ulang dari pelajaran di sekolah sehingga dengan demikian kalian berpelang untuk mengingat kembali barang kali ada yang sudah mulai sedikit lupa atau bahkan bisa menambah pemahaman materi di sekolah. Kerjakan PR dengan baik karena ini adalah bagian dari kesempatan untuk kamu bisa menghargai diri sendiri karena jika PR-nya bagus maka kalian akan mendapatkan nilai yang bagus, dengan nilai yang bagus ini berarti kalian bisa berpeluang untuk sendang dan bangga kepada kemampuan diri yang akan dapat berpengaruh positif untuk belajar lebih rajin lagi. Secara tidak langsung dengan PR kalian juga bisa berlatih agar menjadi siswa yang bertanggungjawab berupa penyelesaian tugas dengan baik.  PR itu juga bisa melatih agar kalian bisa lebih rajin sebab yang namanya rajin itu sifatnya bisa naik turun dengan adanya PR berarti kalian digerakan agar kalian bisa membuang malas untuk belajar kembali dengan mengerjakan PR itu. Selanjutnya dengan mengerjakan PR kalian juga bisa menambah ketrampilan karena dengan minimal membaca dan menulis maka kalian akan mendapatkan kemampuan yang baru pada kalian.
            Dengan begitu banyak manfaat dari mengerjakanPR di rumah maka marilah kalian untuk memotivasi diri kalian sendiri menggerakan semangat untuk mengerjakan PR dan tidak lagi mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakan PR. Orang bijak menagatakan jika orang gagal sibuk mencari alasan, orang sukses sibuk mencari solusi.  Oleh karena itu walaupun bagaimanapun maka tidak perlu lagi untuk buang-buang waktu untuk cari alasan itu. Alasan yang umum seperti lupa tidak mengerjakan PR, bukunya ketinggalan, sibuk karena ada acara yang sangat penting, sakit sehingga tidak bisa mengerjakan PR, dan berbagai macam alasan konyol. Berhentilah untuk mencari alasan-alasan itu.

0 komentar:

Posting Komentar