Laman

Senin, 22 Desember 2014

Jagalah Hidupmu Sebelum Datang Kematianmu

  • Rasulullah SAW bersabda, “Akan datang atas umatku, saat mereka menyukai lima hal dan melupakan lima hal.  Mereka suka dunia dan melupakan akhirat; mereka suka harta, sehingga melupakan hari hisab; mereka cinta kepada makhluk, namun lupa terhadap Sang Khaliq; mereka suka berdoa, tetapi lupa bertaubat; dan mereka menyukai rumah, namun melupakan kubur mereka.
  • Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan, yaitu kematian karena sesungguhnya tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan kesempitan hidup, melainkan ia akan melapangkannya. Dan, tidaklah seseorang mengingatnya saat keadaan lapang, melainkan ia akan menyempitkannya (HR. Ibnu Hibban, yang disahihkan oleh Al-Bani di dalam kitab Shaih al-Jami’)
  • ... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath-Thalaaq: 2 – 3) 
  • Di dalam diri kalian, terdapat malaikat malam dan malaikat siang yang saling bergantian.  Mereka bertemu saat sholat subuh dan isya, lalu malaikat yang bermalam di dalam diri kalian naik ke atas.  Mereka pun di tanya oleh Allah SWT dan Dia yang maha mengetahui tentang mereka, “Bagaimana keadaan hamba-Ku saat kalian tinggalkan?” Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan shalat. (HR. Bukhari dan Muslim) 
  • Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah 155 – 157) 
  • Barang siapa yang niatnya adalah menggapai akhirat maka Allah SWT akan memberikan kecukupan dalam hatinya. Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai bera.  Duniapun akan ia peroelh dan tunduk kepadanya. Sebaliknya, barang siapa yang niatnya menggapai dunia maka Allah SWT akan menjadikan ia tidak pernah merasa cukup, akan menceraiberiakan keinginannya dan dan duniapun tidak pernah ia peroleh, kecuali yang telah ditetapkanbaginya. (HR. Tirmidzi)
  • Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara, yakni waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang kematianmu (HR. Ibnu Abbas)  

0 komentar:

Posting Komentar